Rabu, 16 Maret 2016

Tips Memilih Cincin Lamaran Yang Berkesan


Saat ini, cincin yang diberikan ketika saat lamaran memiliki arti lebih dari sekedar sebuah lambang kekayaan saja, namun juga menyatakan bahwa pihak pria telah menyerahkan hatinya kepada perempuan tersebut untuk dijaga hingga saat perkawinan tiba. Jadi pada dasarnya, cincin tersebut adalah sebagai tanda agar tidak ada orang lain yang mendekati kedua belah pihak (baik laki-laki maupun perempuan) karena keduanya memang telah sepakat untuk segera melangsungkan pernikahan. Karena pentingnya arti sebuah cincin dalam proses lamaran ini, maka akan lebih baik bila pemilihan cincin juga tidak sembarangan. Berikut akan disajikan rahasia yang tepat guna memilih sebuah cincin untuk hari lamaran.
Pemilihan Bahan Yang Sempurna
Apabila anda belum mengerti dengan band, itu merupakan bagian cincin yang melingkar pada jari jemari. Bahannya pun juga bisa beraneka ragam, namun pada umumnya yang sering digunakan adalah emas murni, perak ataupun logam platinum. Ada juga yang menggunakan kombinasi dari ketiga bahan tersebut agar terlihat lebih menarik. Untuk bisa membedakan dari ketiga bahan tersebut, setidaknya ada harus mengetahui beberapa hal, seperti:
  • Emas murni, biasanya lebih banyak digunakan karena emas melambangkan keabadian, sebagaimana perasaan yang dialami oleh kedua pihak tersebut. Emas ini biasanya berwarna kuning dengan campuran jingga dan kadang bisa dilebur dengan logam lain agar lebih kuat. Untuk yang berukuran murni 24 karat warnanya akan sangat kuning mencolok, namun bila warnanya kuning cenderung lebih terang berarti tingkat kemurniannya antara 10-14 karat.
  • Emas putih, merupakan campuran antara emas dengan logam lain seperti perak yang bertujuan agar memberikan warna putih cemerlang. Warna putih emas ini bisa memudar setelah beberapa tahun, namun dengan teknik sepuhan yang tepat maka warnanya bisa kembali mengkilat.
  • Platinum, merupakan sebentuk logam yang keras serta teksturnya kuat dengan warna keperakan alami. Dengan sedikit sepuhan emas maka logam ini bisa sangat tepat dan mewah bila diberikan sebuah mata dari berlian.
Pemilihan Mata Cincin
Sebuah cincin tidak akan terlihat menarik dan mewah bila tidak mempunyai sebentuk mata yang menakjubkan. Banyak orang berpendapat bahwa semakin besar mata cincin, maka semakin bagus, namun ternyata belum tentu hal tersebut cocok dengan selera pasangan. Oleh karena itu perhatikanlah kepribadian dari pasangan anda daripada menuruti apa yang dikatakan oleh banyak orang. Beberapa mata cincin yang tepat biasanya terbuat dari batu mulia seperti berlian, atau bisa juga batu alam seperti merah delima.
Pemilihan Lingkar Cincin Yang Sesuai
Ukuran cincin pasangan juga harus anda perhatikan ketika mulai memilih cincin untuknya. Jangan sampai dengan bahan yang terbaik serta mata mewah ternyata ketika digunakan terasa longgar di jari atau bahkan kekecilan, tentu hal tersebut akan kurang pas. Cara yang paling tepat untuk mengetahui ukuran jari pasangan adalah meminjam cincin yang selama ini sering dipakai. Namun bila anda ingin membuat sebuah kejutan, cukup perhatikan jari-jari tangan pasangan dan perkirakan sesuai dengan jari anda, mana yang paling seukuran.
Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan Anda 
Cincin untuk lamaran yang terbuat dari emas bermatakan berlian memang terlihat sempurna dan mewah, namun bila ternyata harus menguras banyak uang di saku dompet anda itu perlu juga dipertimbangkan dengan baik. Bukan bermaksud pelit dengan pasangan, namun karena setelah acara lamaran ini tentu masih banyak kebutuhan lain untuk pernikahan, ada baiknya anda dan pasangan juga melakukan penghematan. Agar tidak ada kesan bahwa anda pelit, maka komunikasikanlah hal ini dengan kekasih hati anda sebelum membeli cincin yang anda inginkan untuk pasangan.
Pemasangan Mata Yang Tepat 
Setelah memilih mata yang tepat untuk band sebuah cincin, maka untuk pemasangannya pun juga harus anda perhatikan dengan baik. Sebelumnya, ketahuilah bagaimana hobby atau kegiatan yang disukai oleh pasangan anda. Ini dimaksudkan agar ketika cincin tersebut digunakan untuk beraktivitas tidak sampai membawa resiko kehilangan mata cincin tersebut. Adapun pilihannya adalah:
  • Bila kekasih anda menyukai kegiatan outdoor seperti pecinta alam atau olahraga lain yang menuntutnya banyak bergerak, maka pemasangan mata harus lebih rendah dari posisi cincin agar tidak mudah lepas atau tersangkut benda lain,
  • Bila pasangan lebih kalem dan memang menyukai kegiatan dalam ruangan maka pemasangan mata lebih menonjol tentu akan sangat menarik dan tidak membawa resiko lepas.
Pemilihan Daya Tahan Cincin 
Sebuah cincin yang baik tentu saja haruslah tahan lama baik itu dilihat dari segi bentuk maupun warnanya. Karena cincin seringkali akan mengalami banyak gesekan ketika digunakan, baik secara disengaja ataupun tidak, maka bisa saja membuat kualitas atau bentuknya berubah. Atau apabila bentuknya tidak berubah, tapi warnanya yang akan memudar seiring berjalannya waktu, tentu ini bisa sedikit mengecewakan anda suatu saat nanti. Oleh sebab itu anda harus memilih bahan yang cukup kuat. Emas murni 24 karat memang indah dan mewah, namun ternyata semakin tinggi karat yang dimiliki oleh emas maka teksturnya akan semakin lunak dan pasti rentan mengalami kepudaran. Platinum adalah jenis yang terbaik, namun untuk warna yang lebih mewah bisa dicampur dengan logam lain seperti emas.
Membeli Bersama Orang Yang Mengerti 
Hal terakhir yang perlu anda lakukan untuk memilih cincin yang tepat adalah membelinya bersama orang yang mengerti tentang benda berharga. Tentu saja ini dilakukan bila ingin membeli sebentuk cincin dengan tahta berlian dimana harganya dan kualitasnya tentu diatas rata-rata. Ini dimaksudkan agar anda tidak tertipu oleh si penjual tersebut di kemudian hari.

Tidak ada komentar: